Pakaian olahraga bagi pria berbusana tidak lah serumit wanita. Pentupan aurat bagi pria tidaklah sebanyak wanita yang diwajibkan menggunakan hijab untuk menutup bagian kepala. Ketentuan aurat bagi pria adalah dari bagian pusar sampai lutut. Aurat tersebut adalah wajib ditutup dan tidak boleh terlihat oleh siapapun apalagi para kaum hawa.

Pemilihan pakaian olahraga yang digunakan pun harus mempertimbangkan aturan dalam kaidah agar tetap mendapat pahala saat berolahraga.  Menggunakan celana yang menutupi bagian kaki hingga bagian lutut serta baju olahraga yang menutupi bagian pusar wajib menjadi acuan saat memilih pakaian. Aurat berdasarkan ketentuan agama merupakan bagian dari tubuh baik pria ataupun wanita yang tidak boleh dilihat oleh yang bukan muhrimnya agar tidak terjadi fitnah.

Penggunaan legging untuk menutupi hingga area lutut

Apabila lebih nyaman menggunakan celana pendek saat olahraga ada baiknya juga menggunakan celana legging tambahan bagian dalam untuk menutupi lutut. Pilihan legging untuk olahraga kini telah banyak dipasaran. Para pria dapat memilih legging yang sesuai dengan kebutuhan olahraga mereka.

Manfaat utama dalam penggunaan legging adalah menjaga posisi otot agar tetap pada tempatnya. Penggunaan legging juga bermanfaat untuk mengurangi kemunginanan terjadinya cidera-cidera ringan hingga berat yang kerap terjadi saat berolahraga. Saat ini pun sudah semakin banyak para olahragawan yang menggunakan celana legging saat berada dilapangan.

Pilih bahan pakaian olahraga yang mudah menyerap keringat

Pakaian untuk berolahraga pasti memiliki spesifikasi khusus. Spesifikasi yang paling umum adalah penggunaan bahan yang mudah menyerap keringat. Saat berolahraga tubuh akan melakukan pembakaran kalori yang berakibat dengan keluarnya racun-racun tubuh melalui keringat. Keringat akan tetap berada ditubuh bila tidak dibersihkan atau dikeringkan menggunakan handuk.

Baca juga: Pelarangan Hijab Dalam Pertandingan Olahraga

Bila berolahraga tanpa menggunakan pakaian yang tidak mudah menyerap keringat maka pakaian yang kita gunakan akan terasa lebih berat. Pakaian berbahan seperti kaos tidak akan menyerap keringat dan justru menyimpan keringat dalam bajunya dan akan terasa berat bila pakaian tersebut tetap kita gunakan untuk berolahraga.

Pilihan sepatu sesuai dengan olahraga

Selain pakaian, faktor pemilihan sepatu pun turut menjadi hal penting. Memilih sepatu yang sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan akan mempengaruhi mempengaruhi performa anda dalam berolahraga.

Pilih lah sepatu yang nyaman serta ringan saat digunakan untuk olahraga yang menuntut kerja keras dari kaki. Olahraga yang memiliki unsur lari dalam permainannya, seperti sepakbola atau bulutangkis. Dengan sepatu yang ringan akan membuat pergerakan akan lebih mudah dan membuat Gerakan terasa lebih lincah saat berada dilapangan.

Bergaya saat berolahraga tetap diperbolehkan asalkan sesuai dengan kaidah dan aturan dalam agama. Aturan dalam agama tidak membuat anda untuk tidak bisa melakukan olahraga namun justru membuat anda dalam melakukan olahraga dengan lebih nyaman.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 2 =