Produk halal kini telah menjadi bisnis yang menarik. Potensi besarnya umat muslim di dunia yang semakin bertambah mendorong semakin banyak permintaan akan produk halal dipasaran. Produk halal menjadi label yang penting bagi umat muslim, dengan adanya label halal umat muslim tidak perlu risau akan kandungan didalamnya.

Pesatnya pertumbuhan umat Islam dunia menjadi kesempatan yang menarik bagi para penyedia produk halal khususnya makanan dari seluruh dunia. Tidak hanya berasal dari negara-negara muslim saja, tapi juga dari negara yang bermayoritas non-muslim mulai menawarkan produk halal bagi umat muslim. Para perusahaan asing tersebut menyasar negara muslim sebagai tujuan penjualan. Negara pengirim tidak hanya banyak berasal dari negara Asia tapi juga dari Amerika dan Eropa.

Mengembangkan produk lokal

Produk lokal sudah seharusnya menjadi raja di negerinya sendiri. Slogan mencintai produk dalam negeri seharusnya menjadi motivasi bagi konsumen untuk turut menggunakan produk dalam negeri dalam kesehariannya. Selain meningkatkan pendapatan dalam negeri, juga menaikkan konsumsi akan produk lokal.

Mensosialisasikan dan juga standarisasi mengenai industri halal yang terus-menerus diberikan kepada para pelaku usaha akan menciptakan konsistensi bagi para pelaku usaha dalam menjaga kesucian produknya.

Melakukan inovasi produk secara berkelanjutan

Pelaku usaha diharapkan dapat melakukan inovasi yang berkesinambungan dalam mengembangkan usahanya. Inovasi tidak hanya mengenai inovasi dari sisi produk, tapi juga inovasi dari sisi pemasaran serta perkembangan bisnis. Inovasi yang berkelanjutan bukan hanya akan menambah varian produknya tapi juga menarik perhatian konsumen dengan produk baru yang diluncurkan secara konsisten.

Baca juga: Ekspor Produk UMKM Kreatif Buatan Anak Bangsa

Inovasi produk membuat pelaku usaha memberi persaingan kepada produk-produk lain yang juga menawarkan produk yang hampir sama. Persaingan sehat yang dilakukan para pelaku usaha memberi dampak baik bagi konsumen, para konsumen terus disajikan produk terbaru yang sekiranya mereka butuhkan dan konsumen memiliki pilihan produk yang beragam.

Pemasaran mencakup pasar yang luas

Jaringan pemasaran semakin besar dengan hadirnya teknologi. Tidak dapat dipungkiri jika peran teknologi memiliki peran penting dalam perluasan jaringan pemasaran yang memberikan dampak terhadap penjualan. Semakin mudahnya penggunaan dan fasilitas pendukung untuk teknologi pun turut mendorong industri produk halal mulai bersaing dalam dunia digital.

Meski teknologi digital dianggap sebagai sarana terbaik dalam mencakup pasar yang besar, nyatanya penjualan secara offline tetap diperlukan. Para pelaku usaha melakukan diversifikasi beragam cara dalam pemasaran, selain pemasaran digital untuk menjangkau pasar. Penjualan secara offline harus didukung oleh pemerintah untuk kerap mengajak produk lokal dapat diperkenalkan dalam berbagai skala acara baik nasional maupun internasional.

Peran pemerintah menjadi penting karena dapat membantu para pelaku usaha untuk diperkenalkan dalam skala internasional. Promosi-promosi tentang Indonesia dalam festival Internasional menjadi pintu masuk para pelaku usaha untuk dapat membawa produknya ke pasar Internasional.

Hadirnya produk halal dari luar negeri menjadikan produk dalam negeri harus siap bersaing dipasar lokal. Sudah sepantasnya produk halal dalam negeri yang lebih mengenal serta mengerti tentang kandungan produk halal menjadi pilihan utama dan juga Indonesia harus mampu menjual produknya ke pasar internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + 19 =