Restoran halal di Korea memiliki beberapa logo selain logo halal yang juga menyajikan masakan khas Korea yang juga ramah untuk umat Islam. Siapa yang tidak mengenal Korea Selatan, negara di asia timur ini dikenal sebagai pusatnya dunia hiburan yang telah dikenal dunia ini telah menjadi salah satu tujuan wisata. Tidak hanya dari negara asia lainnya, tapi juga dari negara-negara dibelahan dunia lainnya. Selain wisatawan asal Asia, wisatatawan asal Amerika, Eropa, hingga Afrika pun sedang berkunjung ke negeri gingseng ini.

Sebagai salah satu negara yang menjadi destinasi liburan, Korea Selatan telah menyiapkan diri sebagai negara yang ramah akan wisatawan. Wisatawan Indonesia merupakan salah satu wisatawan yang sering mengunjungi Korea Selatan untuk berlibur. Korea Tourism Organization (KTO) mencatat pada bulan Januari sampai Juli 2018 ada 139.839 wisatawan asal Indonesia yang mengunjungi Korea Selatan. Banyak dari mereka yang datang saat winter atau musim dingin.

Indonesia merupakan negara dengan umat Islam terbesa di dunia, meski tidak semua wisatawan yang datang ke Korea Selatan beragama Islam namun pemerintah Korea Selatan telah mendorong wisata di negaranya ramah bagi wisatawan muslim.  Mulai dari penyediaan makanan halal sampai tersedianya tempat untuk beribadah yang nyaman.

Restoran halal di Korea, kenali label yang tersedia direstorannya.  

Masyarakat Korea Selatan termasuk masyarakat yang suka mengkonsumsi daging babi dan minuman beralkohol. Umat muslim yang datang ke Korea Selatan harus berhati-hati dalam memilih restoran, karena mayoritas menyajikan daging babi dan alkohol. Saat ini Korea Tourism Organization (KTO) telah mengklasifikasi restoran-restoran yang bisa dipilih untuk tetap bisa menikmati makanan khas Korea yang ramah dan sesuai dengan ajaran umat muslim.

Baca Juga: Toko halal di Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi saat liburan

Restoran yang tersertifikat Halal oleh Korea Muslim Federation (KMF)

Korea Selatan telah memiliki lembaga yang mengurusi dan mengeluarkan label halal, yaitu KMF atau Korea Muslim Federation. Restoran yang telah mendapat label halal dari lembaga ini dapat dipastikan bahwa restoran ini aman untuk kamu pilih untuk bisa mencicipi makanan khas Korea.

Restoran yang memberi label halal sendiri atau Self Certified

Restoran ini umumnya dimiliki oleh orang yang beragama Islam. Walau tidak terpampang label halal dari KMF, restoran ini umumnya menggunakan label sendiri seperti kata Halal, Muslim Food ataupun Muslim Restaurant didepan kedainya. Karena pemiliknya adalah umat muslim, merekapun sudah mengerti makanan dan minuman apa saja yang diperbolehkan atau tidak untuk dikonsumsi.

Restoran berlabel Muslim Friendly

Restoran berlabel ini telah menyajikan makanan Halal namun masih juga menjual Alkohol. Jadi untuk yang menemui restoran berlabel ini, lebih baik untuk melihat daftar menu yang disediakan dan bertanya manakah yang direkomedasikan untuk makanan halal.

Restoran berlabel Pork Free

Restoran ini sudah tidak menyediakan babi dalam setiap menu makanannya. Namun, restoran berlogo ini masih menyediakan minuman beralkohol di dalam restorannya, jadi alangkah baiknya untuk tetap menanyakan makanan halal yang tersedia dan memilih minuman yang tidak beralkohol.

Dengan klasifikasi yang telah dibuat, bagi umat muslim yang ingin berkunjung ke Korea Selatan untuk pertama kalinya tidak lagi perlu risau soal makanan. Jika tertarik akan makanan disebuah restoran alangkah baiknya untuk melihat apakah ada label khusus di depan restoran tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 4 =