Sumber : Halalgoogling

Search Engine Versi Halal, Halalgoogling merupakan mesin pencarian baru dari Google dan Bing, namun sistem halalgoogling kemudian menyaringnya berdasarkan kategori boleh dan tidak sesuai aturan Islam. Ahli Teknologi Informasi Pakistan meluncurkan mesin pencari baru khusus Muslim. Mesin pencari yang dinamakan ‘Halalgoogling’ tersebut akan menghalangi konten yang tidak sesuai hukum Islam.

Halalgoogling dapat memblokir dan menyaring konten yang dianggap haram dan bertentangan dengan agama Islam.Search Engine Versi Halal dengan julukan ‘sistem penyaringan haram’, mesin tersebut memblokir konten berdasarkan kategori umum dan penyaringan situs terlarang pada daftar hitam. Mereka juga menyaring link dan daftar kata kunci haram yang tidak dapat digunakan untuk pencarian di situs web.

Pencarian dengan istilah seperti “porno”, “playboy”, “gambar Muhammad”, dan “Kebangkitan Yesus” tidak akan menghasilkan. Namun, akan keluar tulisan: “Tidak ada hasil yang ditemukan atau Anda telah mencari konten haram.”

Search Engine Versi Halal Buatan Pakistan

Halalgoogling merupakan mesin pencarian pertama yang berbasis muslim, dimana halalgoogling ini buatan Pakistan.

Halalgoogling, mesin pencari ini buatan pakistan ini menggunakan sistem web khusus yang mampu menyaring hasil pencarian sesuai norma Islam. Jadi, halalgoogling ini merupakan mesin pencari pertama yang didasarkan dari ketentuan halal di agama Islam yang dapat membantu para muslim mencari konten online yang sifatnya halal.

Dari blog halalgoogling  disebutkan bahwa  “Halalgoogling adalah alternatif untuk mesin pencari untuk memenuhi kebutuhan umat Islam.

Halalgoogling bukan satu-satunya mesin pencarian Islami yang ada. Sebelumnya, pernah juga diluncurkan ImHalal. Sama seperti Halalgoogling, ImHalal akan menyaring konten sehingga hanya akan menampilkan pencarian yang bebas dari hal-hal berbau mesum dan negatif. Mencari pencari untuk memenuhi kebutuhan pengguna muslim, browser ini menggunakan sistem filter yang dianggap “haram” atau dilarang dalam Islam.

Dalam hal ini halalgoogling belum banyak diketahui masyarakat dunia, semoga dengan muncul banyaknya konten halal, Etokohalal juga bisa segera dikenal masyarakat luas sebagai e-commerce berbasis produk dan barang Halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × two =