Sumber : www.nu.or.id

Syarat mendapatkan sertifikat halal gratis untuk UMKM, Menteri Koordintor Perekonomian Airlangga Hartarto telah menggelar rapat koordinasi terkait jaminan produk halal di Gedung Kemenko Perekonomian Jakarta.

Syarat mendapatkan sertifikat halal gratis untuk UMKM, Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi dan Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto.

Baca Juga : https://blog.etokohalal.com/marketplace-halal-menambah-persaingan-marketplace/

Lebih lanjut Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto menjelaskan bahwa, tidak ada target mengenai berapa jumlah pelaku usaha yang akan diberikan fasilitas tersebut. Namun demikian, Menko Perekonomian menjelaskan fasilitas gratis sertifikasi halal itu diberikan untuk seluruh industri makanan dan minuman mikro dan kecil di Indonesia.

Pemberian insentif ini sejalan dengan UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH). Selain itu, proses administrasi hingga mendapatkan sertifikasi halal juga akan dipermudah. Skema dan besaran anggaran subsidi anggaran yang diberikan pemerintah bakal bergantung pada petunjuk teknis yang dibuat oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Proses Pelaksanaan Sertifikasi Halal Gratis Untuk UMKM

Proses pelaksanaan sertifikasi halal gratis untuk umkm, Usaha kecil mikro (UKM) ini akan mendapatkan proses yang mudah. Seperti dari registrasi sampai dengan mendapatkan sertifikasi dan juga dari sisi biayanya. Tarif dalam membuat sertifikat Halal bagi UKM kemungkinan akan di nol kan agar dapat menjangkau sampai jutaan usaha kecil mikro di seluruh Indonesia dengan mudah mendapatkan sertifikat Halal.

Proses pelaksanaan sertifikasi halal gratis untuk UMKM, Sementara itu Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto menyatakan, rencana pembebasan biaya tarif untuk UKM sebagai bentuk fasilitas dari pemerintah. “Nantinya subsidi sendiri bisa berasal dari Badan Layanan Umum (BLU). Itu juga belum dibahas apakah akan cross subsidi dari BLU, Kemenkeu juga bisa turun tangan. Intinya, bagaimana kita memfasilitasi usaha mikro kecil dan menengah,” katanya. Pelaksanaan dan besaran anggaran yang bakal digelontorkan pemerintah untuk bisa memberikan fasilitas tersebut baru akan dibahas bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Dalam hal ini Etokohalal.com juga akan membantu UMKM diseluruh Indonesia untuk mendapatkan sertifikat Halal agar bisa bergabung di Etokohalal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − 3 =