Toko halal maraknya pariwisata halal di negara bermayoritas non-muslim mendorong hadirnya toko halal disuatu negara. Hadirnya toko-toko yang menyediakan kebutuhan muslim mendorong semakin banyaknya pelancong-pelancong muslim untuk datang. Kebutuhan umat muslim akan produk-produk yang diperbolehkan menjadi penting untuk mereka agar tetap menjalani ajaran agama sesuai kaidah yang telah ditentukan.

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan wisatawan Indonesia untuk berlibur. Diminatinya industri hiburan Korea Selatan di Indonesia mendorong para wisatawan untuk datang dan melihat langsung negeri gingseng ini. Korea Tourism Organization (KTO) mencatat pada tahun 2018 dari Januari sampai Juli saja ada 139.839 wisatawan Indonesia yang mengunjungi Korea Selatan.

Toko halal, destinasi wajib para pelancong muslim saat berkunjung ke Korea Selatan.

Produk halal saat ini tidak hanya mencakup produk makanan saja, produk lainnya pun sudah mulai dibekali dengan label halal. Kategori-kategori lain yang kini sudah menggunakan label halal yaitu seperti, kosmetik, elektronik sampai pariwisata.

Terkenal akan industri kuliner dan hiburannya , Korea Selatan kini semakin memanjakan wisatawan yang datang. Apalagi, semakin banyaknya wisatawan yang berasal dari negara muslim turut mendorong industri halal di Korea Selatan mulai digemari.

Berikut ini merupakan toko halal yang berada di Korea Selatan yang wajib dikunjungi saat mengunjungi negara yang berada di Asia Timur ini.

Supermarket halal

Bagi para wisatawan yang mau mencari kebutuhan bahan dasar untuk masak sendiri, tersedia beberapa supermarket yang menyediakan bahan halal. Supermarket halal banyak tersedia di negara-negara tujuan wisata yang banyak mengundang wisatawan muslim datang. Negara-negara asia seperti Korea Selatan, Jepang dan Thailand sudah banyak didapati supermarket yang khusus menjual bahan dasar berlabel halal.

Saat berada di Korea Selatan, tersedia beberapa supermarket yang berfokus menjual bahan dasar halal. Foreign Food Mart adalah salah satu supermarket yang menjual bahan dasar halal di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Toko halal ini menjual segala makanan import yang telah memiliki label halal. Makanan import yang didatangkan berasal dari negara-negara muslim seperti Indonesia, Malaysia dan negara timur tengah lainnya.  

Restoran halal

Semakin banyaknya pelancong muslim yang datang, semakin banyak juga restoran berlabel halal. Restoran halal banyak tersedia di sekitaran masjid. Adanya masjid mengindikasikan bahwa banyaknya kaum muslim yang melewati kawasan tersebut.

Bagi para pelancong yang ingin datang ke Korea tidak perlu takut lagi soal makanan, restoran halal kian menjamur di Korea. Mulai dari makanan Korea sendiri dengan berbahan dasar halal sampai makanan khas Indonesia yang disajikan akan mengisi tenaga kalian yang sedang melancong di negeri gingseng ini.

Baca juga: Negara di asia yang ramah bagi wisatawan muslim

Toko kosmetik halal

Produk halal kini tidak hanya soal masalah perut saja. Tapi juga sudah merambah ke produk-produk lain, salah satunya adalah produk kecantikan.

Di Korea sendiri tepatnya di Itaewon tersedia toko kosmetik yang telah memiliki sertifikat halal dari Jakim Malaysia. Talent Cosmetik yang terletak di Yongsan-gu, Itaewon, dan Myeongdong, Seoul ini telah mengantongi sertifikat halal sejak 2014. Toko kosmetik halal ini kalian bisa dapati segala kebutuhan kecantikan harian kalian tanpa takut akan bahan dasar pembuatan produknya. Talent kosmetik berhasil mendapat sertifikat halal setelah bahan dasar kolagen yang mereka gunakan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Setidaknya ada 141 produk dari Talent Kosmetik yang telah mendapat pengakuan halal.

Hadirnya toko halal di negara-negara non-muslim membuat para wisatawan muslim tidak lagi merasa kesulitan dalam menjalankan kewajibannya sebagai muslim. Semakin banyaknya wisatawan Indonesia yang datang ke Korea semakin giat juga pemerintah Korea melayani para wisatawan ini dalam memenuhi segala kebutuhannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × one =