Toko online halal kini mulai terlihat. Saat ini geliat perkembangan teknologi tidak lagi dapat dihindari. Banyak situs jualan hadir memberi kemudahan bagi para konsumen untuk berbelanja dari mana saja. Kehadiran situs-situs jualan ini tidak hanya memudahkan sang konsumen dalam berbelanja, tapi juga memberi keuntungan bagi pedagang.  

Bagi para pedagang yang tidak bermodal besar seperti para pelaku UMKM ataupun pengusaha rintisan yang masih menjajakan produknya secara kecil. Hadirnya toko online memberi keuntugan bagi mereka untuk bisa memperkenalkan produk mereka agar dikenal secara luas, dan teknologi turut mendukung perkembangan baik merek dan produk yang dijajakan.

Toko online halal, wadah bagi produk halal

Produk halal di Indonesia merupakan produk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sehingga label halal amat lah penting dalam menjaga produk yang beredar di masyarakat luas. Meski kebutuhan akan produk halal tinggi situs-situs toko online tidak ada yang spesifik menyediakan wadah untuk berjualan produk yang telah berlabel  halal. Situs-situs tersebut mencampurkan segala produk halal dan non-halal dalam satu situs atau kategori yang sama.

Baca juga: Marketplace Halal Menambah Persaingan Marketplace

Hadirnya situs penjualan online khusus produk halal seperti Etokohalal dalm membantu para pelaku usaha dalam menjajakan produk halal. Meski wajib memiliki label halal, namun bagi barang yang tidak umum menggunakan label halal pun tersedia dalam situs berbasis halal ini.

Produk halal bagi siapa pun

Tidak hanya bagi umat muslim, produk halal pun boleh dikonsumsi oleh siapapun. Walaupun bukan beragama Islam, umat agama lain tidak dilarang untuk mengkonsumsi produk halal, khususnya makanan. Produk halal sudah terbukti baik bagi manusia. Jadi, siapapun berhak untuk dikonsumsi dan dibeli oleh siapapun.

Melihat potensinya di Indonesia, produk halal menjadi barang kebutuhan sehari-hari sehingga semakin bervariasinya produk halal akan semakin membuat produk halal semakin menarik dimata semua konsumen

Bertransaksi secara Syariah

Meski berjualan secara online, bertransaksi di platform ecommerce halal tetap menggunakan pembayaran Syariah sesuai anjuran dalam agama Islam. Pembayaran menggunakan konsep Syariah ini digunakan agar tetap dalam menjaga keberkahan dalam situs toko online halal.

Pembayaran menggunakan Syariah, konsumen akan menggunakan pembayaran yang tidak banyak berbeda dengan pembayaran untuk berbelanja online lainnya. Seperti pembayaran dengan melakukan transfer bank, virtual account atau pun juga melalui mini market. Yang membuatnya berbeda adalah tidak tersedianya pembayaran kredit menggunakan kartu ataupun model kredit lainnya.

Berjualan menggunakan situs penjualan toko online halal merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menawarkan kelebihan produknya. Keuntungan dengan menjualnya dalam situs halal akan mendatangkan konsumen yang benar-benar peduli akan kesehatan juga kandungan dalam produk tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 1 =