Usaha melalui marketplace gratis kini semakin mudah. Saat ini semakin banyak pengusaha yang hadir berkat berkembangnya dan maraknya dunia internet di Indonesia. Berkembangnya internet mendorong para pengusaha kreatif pun berlomba dalam menciptakan situsmarketplace yang memudahkan pengusaha lain dalam berjualan. Para penyedia layanan marketplace gratis ini merupakan perantara yang mempertemukan antara penjual dan konsumen dalam dunia maya.

Besarnya pengguna internet ini menjadi potensi besar bagi para pengusaha yang menjajakan produknya untuk usaha melalui marketplace gratis.

Saat ini semua orang telah terhubung dengan internet. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, tahun 2019 sekitar 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8 rakyat Indonesia telah menggunakan internet. Pengguna internet ini terus menaik sejak 2017 yang hanya 54,86% dari 264 juta rakyat Indonesia.

Besarnya potensi pengguna internet Indonesia harus dimanfaatkan sebaiknya oleh para pengusaha. Pengusaha tidak lagi perlu menyewa bangunan sebagai toko untuk menjajakan produknya. Saat ini pengusaha hanya membutuhkan jaringan internet dan computer dalam berjualan. Dengan terhubungnya para pengusaha dengan konsumen melalui internet, maka proses penjualan pun akan tercipta.

Usaha melalui marketplace gratis memberikan sarana bagi para pengusaha sebagai tempat berjualan secara professional.

Meski penjualan yang dilakukan oleh para pengusaha tanpa biaya tertentu, para penyedia produk ini tetap harus menjalanakan bisnisnya secara professional. Penyedia marketplace pun turut mengikuti perkembangan usaha yang anda jalankan dan kepuasan dari konsumen yang berbelanja di toko anda. Pengusaha tidak diwajibkan bertatap muka dengan konsumen, semua fitur yang untuk membantu kedua belah pihak telah disiapkan. Mulai dari fitur komunikasi sampai fitur pembayaran berikut pengiriman telah disediakan.  

Pengguna internet yang besar memberi keuntungan bagi para pengusaha dalam berjualan melalui internet.

Fitur promosi menguntungkan para pengusaha yang melakukan Usaha melalui marketplace gratis.Saat ini marketplace menawarkan fitur-fitur promosi yang bisa diikutkan oleh para pengusaha. Mereka menyediakan fitur promosi untuk digunakan di dalam marketplace mereka sendiri dan juga diluar seperti pada laman google shopping. Pengusaha tak lagi perlu mengurus promosi mereka sendiri melalui google tapi kini sudah dapat di integrasikan melalui iklan dari marketplace sendiri.

Promosi melalui marketplace memang membutuhkan biaya, namun sistem iklan melalui marketplace lebih wajar dan adil bagi pengusaha. Umumnya, biaya yang ditawarkan oleh penyedia marketplace adalah CPC alias Cost Per Click, merupakan biaya yang telah ditentukan pengusaha berdasarkan klik yang dilakukan oleh konsumen yang melihat produk kita. Walaupun produk kita tampil hingga ribuan kali tapi hanya di klik 1 kali maka pengusaha cukup membayar 1 klik tersebut.

Baca juga: 5 alasan berbelanja di situs halal

Setiap marketplace menawarkan fitur promosi yang berbeda-beda. Selain ada yang menawarkan biaya melalui CPC ada juga yang menawarkan pembiayaan melalui CPM alias Cost Per Miles yang dimana pengusaha membayarkan biaya iklan dalam satu kumpulan tampilan iklan. Misal, pengusaha cukup membayar setelah ada tampilan ke 100 konsumen. Meski tidak sepopuler CPC, CPM juga banyak digunakan di dalam marketplace dan juga Google.

Selain CPC dan CPM ada juga kampanye promosi yang dijalankan oleh marketplace sendiri. Kampanye promosi dapat berbentuk flash sale, buy on get one, dan lain lain.  Para pengusaha dapat mendaftarkan produknya untuk bergabung dalam kampanye promosi tersebut.

Memanfaatkan fitur promosi dalam marketplace mampu memberikan keuntungan bagi pengusaha. Pengusaha tidak lagi perlu menawarkan produknya secara manual, namun kini biarkan sistem promosi itu bekerja untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + 19 =