Virus Corona telah menyebar masuk ke Indonesia. Semakin banyak masyarakat Indonesia yang positif terjangkit virus yang berasal darihwan di Tiongkok ini. Penyebaran yang cepat membuat masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan atas virus ini. Tidak hanya orang-orang yang berada disekitar para korban yang terjangkit virus, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia diharapkan kewaspadaan diperlukan namun jangan sampai menimbulkan kepanikan yang berlebihan.

Kepanikan akan virus ini akan merugikan diri sendiri juga orang lain. Kerugian sendiri adalah ia akan merasa ditakut-takuti oleh lingkungan karena ia memilih untuk mengunci dirinya dalam rumah karena tidak ingin bertemu orang lain. Bagi orang lain adalah mereka yang harus kehabisan kebutuhan akan masker, pembersih tangan dan bahan makanan yang diburu oleh seluruh masyarakat yang merasa panik dan melakukan panic buying.

Jangan terlalu cepat panik, pelajari langkah antisipasi yang bisa dilakukan.

Untuk menghindari kepanikan yang terjadi alangkah baiknya untuk mempelajari langkah-langkah antisipasi agar terhindar dari virus yang dapat menyerang siapa saja ini. Mempelajari langkah-langkah ini membantu untuk mengurangi resiko tertular virus Corona.

Dikutip dari beberapa media yang dapat dipercaya berikuti ini 5 langkah antisipasi untuk mengurangi penularan virus Corona.

1. Cuci lah tangan dengan benar menggunakan sabun atau membawa hand sanitizer kemanapun.

2. Menggunakan masker saat sakit dan saat berada ditempat umum.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Tidak berpergian ke negara yang terjangkit virus Corona.

5. Menghindari kontak langsung dengan hewan yang memiliki potensi menyimpan virus Corona.

Penelitian mengungkapkan bahwa virus ini berbahaya namun masih sangat bisa di jinakkan. Meskipun hingga saat ini belum tersedianya obat yang bisa menyembuhkan virus Corona  tapi pasien yang sembuh dari virus ini lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang harus merenggut nyawa dari virus ini. Berdasarkan pesan singkat yang dikirimkan oleh BNPB pada hari minggu lalu (15/03/2020) terkonfirmasi bila ada 117 kasus virus Corona di Indonesia, terdiri dari 104 pasien yang masih dalam perawatan, 8 orang pasien yang telah sembuh ada 5 orang pasien yang meninggal.

Baca juga: Wabah Penyakit Masa Rasulullah, Berikut Antisipasinya

Penyebaran virus Corona sangatlah cepat. Tidak hanya terjadi di negara asalnya saja Tiongkok, tapi juga penyebaran cepat pun terjadi di negara-negara Eropa seperti Italia yang kini mencapai 1.809 orang. Begitu pun di Indonesia yang kini telah mencapai 117 kasus pada hari minggu (15/03/2020) lalu. Peningkatan yang signifikan ini berawal dari pengumuman yang pertama kali diumumkan pada 02/03/2020 yang terdapat 2 orang yang terjangkit positif virus ini.

Kini saatnya untuk memulai untuk tetap waspada namun tidak panik berlebihan dalam menyikapi virus ini. Masyarakat di harapkan tenang dan juga menerapkan antisipasi untuk menghindari kemungkinan resiko yang dapat menularkan virus tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 2 =