Virus corona mulai mewabah dan masuk di Indonesia. Hari senin lalu, bapak Presiden Joko Widodo bersama Menteri kesehatan bapak Terawan Agus Putranto telah mengumumkan bahwa ada dua orang yang positif terjangkit virus yang berasal dari Tiongkok ini. Virus yang awalnya sulit berkembang di Indonesia ini nyatanya perlahan sudah mulai masuk dan menjangkiti masyarakat Indonesia.

Meskipun baru ada sekiranya dua orang yang terkena wabah mematikan ini namun kini sudah saatnya memulai antisipasi sejak dini. Antisipasi ini harus mulai dilakukan untuk membuat pertahanan diri dari serangan virus. Agar semakin virus yang juga dikenal dengan COVID-19  ini tidak mampu meluas dan menambah korbannya lagi.

Hindari panik yang berlebihan

Segala penyakit pasti ada obatnya dan jangan pula menjadikan wadah ini sebagai awal mula kepanikan. Seperti kepanikan yang membuat segalanya menjadi mahal seperti harga masker dan juga pembersih tangan yang kian melambung tinggi. Bagi para pedagang alangkah baiknya tetap untuk mengambil untung sewajarnya sesuai dengan sunnah berdagang ala Rasulullah.

Selain masker dan pembersih tangan, jangan juga berlebihan dalam membeli makanan instan. Meskipun cepat dan kemudahan faktor menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh wajib diperhatikan, makanan yang dikonsumsi harus tetap pada kandungan gizi yang seimbang. Setiap makanan harus memiliki kandungan empat sehat lima sempurna.

Hindari virus corona dengan rajin mencuci tangan

Banyak sumber mengatakan bahwa salah satu penyebatan virus ini adalah melalui sentuhan atau virus yang dapat tertinggal dimana saja. Salah satu langkah pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan rajin mencuci tangan setiap saat. Dengan mencuci tangan dapat menghindari perpindahan virus atau mematikan virus yang hinggap ataupun tidak sengaja tersentuh.

Gejala-gejala umum tertularnya virus corona. Sumber:health.gov.au

Memakan masakan yang telah matang

Dalam menjaga kondisi tubuh agar tidak terserang virus mematikan, pilihlah makanan yang baik untuk tubuh serta mengandung kandungan serta vitamin yang menyehatkan tubuh. Hindarilah makanan-makanan yang dimasak secara tidak sepenuhnya matang. Makanan matang turut menghindarkan kondisi tubuh dari ancaman serangan penyakit yang bisa menghingapi tubuh dan mematikan bakteri atau kuman yang ada.

Baca juga: Virus Corona Covid-19, Doa dan Kebiasaan Orang Indonesia

Perbanyak olahraga

Agar tetap tidak terkena virus Corona menjaga kondisi tubuh adalah yang utama. Virus Corona kerap dapat dengan mudah menjangkiti manusia karena kurangnya kekebalan tubuh dan kondisi yang kurang prima. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap dalam kondisi prima dianjurkan melakukan olahraga. Dengan kondisi yang prima maka tubuh akan tetap terjaga dari segala penyakit juga dari serangan virus yang berbahaya. Selain itu, fisik yang prima juga membuat seseorang mampu menjaga ibadahnya.

Istirahat yang cukup

Hindari penggunaan tenaga yang berlebihan. Manfaatkan waktu senggang untuk istirahat, usahakan untuk tidak banyak memakan waktu yang dapat mengurangi waktu istirahat. Manfaatkan waktu istirahat untuk benar-benar merelaksasikan tubuh kita agar dapat bangun dengan segar keesokan hari.

Hingga saat ini sudah banyak para penderita Virus Corona yang meninggal, tapi tidak sedikit juga yang berhasil sembuh. Memperbaiki pola hidup merupakan salah satu cara melakukan pencegahan terhadap virus yang mematikan ini. Tidak berkontak langsung dengan orang yang kerap melakukan perjalanan keluar negeri dan sering kali untuk mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Semoga virus corona tidak menyebar luas di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 5 =