Wabah penyakit masa rasulullah berupa penyakit menular kusta. Wabah virus corona saat ini semakin meluas. Virus yang berawal dari kota Wuhan di Tiongkok ini mulai merebak ke berbagai negara. Tidak hanya menyebar ke negara-negara tetangga Cina saja, tapi juga negara di benua Eropa dan Asia lainnya pun mulai resah akan merebaknya virus yang berasal dari hewan Kelelawar ini. Kewaspaan pun mulai ditingkatkan seiring dengan meningkatnya korban meninggal dari virus ini.

Sebelumnya, virus-virus mematikan seperti SARS, MERS hingga Flu Burung pun sempat merebak dan menghantui dunia karena keganasannya yang juga turut memakan banyak korban jiwa. Ketakutan akan sebuah wabah penyakit menular kerap terjadi sejak dulu. Wabah penyakit masa Rasulullah pun sudah ada menjangkiti manusia.  Pada masa Rasulullah wabah tersebut adalah penyakit kusta yang kala itu dengan cepat menjangkiti manusia dan menularkan ke sesama manusia.

Karantina bagi para penderita

Tidak hanya prosedur medis, nyatanya cara karantina pun sudah dilakukan semasa Rasul. Rasul tidak memperbolehkan siapapun untuk masuk dan keluar dari daerah yang sedang terkena wabah penyakit. Rasul hanya memperbolehkan keluar jika sudah benar-benar sembuh dari wabah penyakit tersebut.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Ala Rasul Dalam Keseharian

“Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari).

Surga bagi korban wabah penyakit

Dalam Islam korban yang terjangkit dari wabah penyakit yang meninggal telah dijanjikan surga untuknya. Dalam hadits disebutkan “Kematian karena wabah adalah surga bagi tiap muslim (yang meninggal karenanya). (HR Bukhori).

Allah telah menjadikan datangnya segala macam wabah penyakit ini pasti ada solusinya. Semua yang menjadi korban atas wabah yang menyebar dan menular akan senantiasa mendapat amal pahala dan surga setelah kematiannya.

Mencegah penyakit dari diri sendiri

Setiap wabah penyakit pasti ada solusinya. Mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh harus dimulai dari diri sendiri. Menerapkan hidup sesuai anjuran agama akan mengurangi resiko tertularnya ancaman penyakit. Menerapkan hidup bersih dan juga memakan makanan yang dibolehkan turut membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga tetap membuat tubuh prima dan jauh dari penyakit.

Kemunculan wabah penyakit bukan tanpa sebab, seperti virus corona ini yang berasal dari hewan yang dalam anjuran Islam dilarang untuk dikonsumsi. Pilihan makanan halal yang diterapkan dalam Islam telah dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga menjaga kesehatan umat manusia. Pentingnya mengikuti anjuran Islam turut membawa diri untuk menjaga kesehatan tubuh juga menjaga kebersihan rohani kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 2 =