Wasit berhijab bukanlah menjadi penghalang seorang wasit wanita memimpin sebuah pertandingan bola basket. Bola basket mungkin bukanlah olahraga yang tenar di Indonesia. Berbeda dengan bulutangkis dan sepakbola pecinta olahraga bola basket lebih sedikit dibanding keduanya. Namun seiring seiring berkembangnya waktu, bola basket di Indonesia mulai mendapat perhatian lebih dari masyarakat Indonesia. Liga yang berjalan secara konsisten setiap tahunnya hingga prestasi tim nasional yang mulai membaik di kancah perbasketan Asia Tenggara membuat olahraga ini mulai mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Dalam satu pertandingan bola basket terdapat 3 wasit yang berada di dalam lapangan. Ketiga wasit ini memiliki tanggung jawab sebagai pengadil dilapangan selama pertandingan berlangsung. Ketiga wasit wajib berlaku adil dalam setiap pertandingan dan tidak membela salah satu tim. Wasit bola basket umumnya dipimpin oleh seorang pria, namun kini wasit bola basket tapi tidak hanya di dominasi kaum pria saja tapi juga kaum wanita. Wanita telah mendapat tempat sebagai wasit selama memiliki keahlian yang mumpuni.  

Berstatus lisensi FIBA para wasit bisa memimpin pertandingan internasional.

Indonesia harus berbangga karena telah memiliki wasit berlabel FIBA yang diakui secara internasional. Dengan kemampuan yang dimiliki setiap wasit mendapat lisensi tinggi, seperti lisensi FIBA. Salah satu wasit asal Indonesia pernah ditunjuk menjadi salah satu wasit yang memimpin pertandingan piala dunia bola basket 2019 lalu. Wasit tersebut adalah Harja Jaladri, wasit asal Cirebon ini dikenal sebagai wasit terbaik di Indonesia yang telah berlisensi FIBA. Dengan lisensi FIBA yang milikinya ia ditunjuk menjadi pengadil dalam beberapa pertandingan internasional. Baik pertandingan antar negara atau liga-liga internasional seperti Asean Basketball League (ABL).

Wasit berhijab bukan masalah untuk menjadi pengadil di lapangan.

Selain Harja Jaladri ada juga wasit wanita asal Indonesia yang telah memiliki lisensi FIBA dan mulai penampilannya dalam pertandingan internasional dalam Asean Basketball League (ABL). Yaitu Yuli Wulandari wasit yang banyak memimpin pertandingan liga basket wanita Indonesia ini tampil pada pertandingan antara Hongkong Eastern melawan San Miguel Alab Pilipinas dalam ajang liga basket antar negara ASEAN atau Asean Basketball League musim 2019/2020.

Baca juga: Pelarangan Hijab Dalam Pertandingan Olahraga

Dara asal Jambi ini telah mendedikasikan dirinya sebagai wasit basket sejak lulus sekolah dan sudah memimpin liga basket pria tertinggi di Indonesia semenjak 2012 lalu setelah mendapat lisensi A. Selain kancah nasional, wasit yang telah berhijab ini pun beberapa kali pergi ke Amerika untuk mendapat pelatihan wasit dan juga terpilih sebagai wasit di Junior NBA Global Championship 2019 lalu. Yuli Wulandari

Dalam pertandingan bola basket tidak dipermasalahkan jenis kelamin dari seorang wasit. Seorang wasit pria dapat memimpin pertandingan wanita, begitupun sebaliknya. Selama pengadil tersebut dapat berlaku adil dan professional dalam memimpin pertandingan.

Terpilihnya wasit asal Indonesia ini menunjukkan bahwa kualitas wasit Indonesia dikancah internasioanl cukup diperhitungkan. Selain Harja Jaladri dan Yulia Wulandari masih ada juga beberapa wasit asal Indonesia lainnya yang ditunjuk untuk memimpin pertanding di Asean Basketball League.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =